Minggu, 24 Juni 2012

RISET PEMASARAN


RISET PEMASARAN
(Marketing Research)

Apakah yang dimaksud riset pemasaran ?
Menurut Walter B. Wentz dalam bukunya Marketing Research : Management and Methods, riset pemasaran adalah : pengumpulan dan penganalisaan informasi untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan di bidang pemasaran.

Kegunaan Informasi Pemasaran
Pada dasarnya, manajemen menggunakan informasi riset pemasaran untuk semua jenis keputusan di bidang pemasaran, yaitu :
1. Mengidentifikasi sasaran konsumen
Sasaran konsumen dapat dikelompokkan sebagai individu-individu yang mempunyai daya beli serta keinginan akan suatu barang / jasa. Proses penelitian pemasaran akan berguna dalam memberikan pengetahuan tentang faktor-faktor tersebut.
2. Perencanaan barang / produk
Adanya perubahan keinginan konsumen dan penawaran barang baru dari kompetitor dapat berakibat pada laba serta market share perusahaan. Agar perusahaan dapat selalu mengikuti perkembangan pasarnya, maka barang / produk yang ditawarkan harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Disinilah perlunya riset pemasaran untuk mengumpulkan informasi akan perubahan kebutuhan konsumen tersebut.
3. Penentuan harga

Informasi yang meliputi penjualan, harga yang ditawarkan oleh perusahaan, harga produk pesaing, dan sebagainya diperlukan dalam hal penentuan harga. Riset pemasaran berguna dalam penyediaan informasi tersebut.
4. Distribusi fisik
Informasi yang digunakan oleh perusahaan di bidang distribusi fisik banyak berhubungan dengan biaya, seperti biaya pengangkutan, penyimpanan, dan sebagainya. Selain itu proses pemesanan dan pelayanan konsumen juga merupakan elemen penting. Untuk itu diperlukan informasi :
a. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirim barang dari gudang ke tempat pembeli.
b. Berapa banyak barang-barang yang rusak di perjalanan.
c. Berapa lama kelambatan waktu yang terjadi dalam pengiriman
Itu semua diperlukan adanya riset pemasaran.
5. Saluran distribusi
Informasi yang menyangkut penjualan dan biaya dalam saluran distribusi sangat diperlukan manajemen. Untuk itu riset pemasaran diperlukan untuk mengumpulkan informasi tentang struktur dan pelaksanaan saluran distribusinya tersebut.
6. Promosi
Perusahaan banyak memerlukan informasi di bidang promosi. Informasi diperoleh dari tenaga penjualan seperti : data variabel dari penjualan mereka, jumlah kunjungan yang dilakukan, dan waktu yang dipakai untuk kegiatan-kegiatan selain kegiatan penjualan. Informasi tersebut berfungsi sebagai bahan menentukan strategi pemasaran khususnya di bidang promosi. Bagian periklanan juga perlu informasi tentang : biaya iklan dari berbagai media, daya pendorong dari beritanya, dan tingkat kewajaran dalam mempengaruhi konsumen.

Ruang Lingkup Kegiatan Riset Pemasaran
Untuk perusahaan besar biasanya kegiatan riset pemasaran ditangani oleh satu bagian khusus yaitu Bagian Riset Pemasaran.
Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam riset pemasaran antara lain :
1. Riset pasar dan penjualan
2. Riset barang
3. Riset ekonomi perusahan
4. Riset periklanan
5. Riset lingkungan

Proses Riset Pemasaran
Proses riset pemasaran meliputi beberapa tahap sebagai berikut :
1. Merumuskan masalah atau mengidentifikasi kesempatan
2. Menentukan sumber-sumber informasi
3. Mempersiapkan formulir pengumpulan data
4. Menentukan sampel
5. Mengumpulkan informasi di lapangan
6. Mengadakan perbaikan, tabulasi dan analisa data
7. Mempersiapkan laporan penelitian


sumber: Endang Ruhiyat SE. M.M

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls