Minggu, 24 Juni 2012

MENGELOLA PEMASARAN LANGSUNG DAN PEMASARAN ON-LINE


MENGELOLA PEMASARAN LANGSUNG DAN PEMASARAN ON-LINE

Semakin banyak pemasaran sekarang yang beralih dari pasar konvensional ke cyberspace
Pemasaran langsung  menurut Direct Marketing Association adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan / atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi
Manfaat pemasaran langsung :
  1. Bagi konsumen : berbelanja di rumah menyenangkan, nyaman, dan bebas dari pertengkaran, menghemat waktu.
  2. Bagi industri : dapat mempelajari barang dan jasa yang tersedia tanpa menghabiskan waktu untuk bertemu dengan wiraniaga
  3. Bagi penjual : dapat membeli daftar alamat yang memuat nama dari hampir semua kelompok.
Perusahaan-perusahaan saat ini membuat basis data pelanggan.
Basis data pelanggan adalah kumpulan data komprehensif yang terorganisir tentang pelanggan dan calon pelanggan individual terkini, dapat diakses dan dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran seperti identifikasi calon pelanggan, kualifikasi calon pelanggan, penjualan produk atau jasa,  atau pemeliharaan hubungan pelanggan
Basis data pemasaran adalah pembentukan, pemeliharaan, serta pemakaian basis data pelanggan dan basis data lain (produk, pemasok, pedagang kembali/reseller) dengan tujuan untuk berhubungan dan bertransaksi.
Basis data pelanggan terdiri dari data demografis, psikografis pembelian terdahulu, serta informasi individual lain yang relevan.
Perusahaan menggunakan basis data mereka dalam empat cara :
  1. Mengidentifikasi calon pembeli
  2. Memutuskan pelanggan mana yang harus mendapatkan tawaran tertentu
  3. Memperdalam kesetiaan pelanggan
  4. Mengaktifkan kembali pembelian pelanggan
Pemasaran berdasarkan basis data membutuhkan investasi yang besar. Perusahaan harus berinvestasi dalam perangkat keras komputer, perangkat lunak basis data, program analisis, hubungan komunikasi, dan pegawai yang ahli.
Pemasar langsung dapat menggunakan berbagai saluran untuk menjangkau calon pembeli dan pelanggan. Saluran itu terdiri dari :
  1. Penjualan tatap muka : adalah kunjungan penjualan lapangan
  2. Pemasaran surat langsung : terdiri dari pengiriman tawaran, pemberitahun, pengingat, atau barang-barang lain kepada seseorang di alamat tertentu. Pengiriman surat bisa berupa : fax mail, e-mail , dan voice mail.
  3. Pemasaran melalui katalog : terjadi ketika perusahaan mengirimkan satu atau lebih katalog produk kepada penerima yang terpilih
  4. Telemarketing : menggambarkan penggunaan operator telepon untuk pelanggan baru, untuk berkontak dengan pelanggan yang ada guna mengetahui dengan pasti level kepuasan pelangga, atau untuk mengambil pesanan
  5. TV dan media dengan tanggapan langsung lain : tiga cara TV dalam mempromosikan penjualan langsung : Iklan tanggapan langsung, saluran belanja di rumah, dan videotxt dan TV interaktif
  6. Pemasaran melalui kios : berupa mesin penerima pesanan pelanggan
  7. Saluran online

Saluran terbaru dari pemasaran langsung adalah saluran elektronik. Istilah perdagangan elektronik (e-commerce) menggambarkan satu varietas luas dari perangkat lunak atau sistem komputer elektronik, seperti pengiriman pesanan pembelian kepada pemasok melalui elektronik data interchange (EDI), penggunaan faks dan e-mail untuk melakukan transaksi ; penggunaan ATM, kartu smart untuk memudahkan pembayaran dan mendapatkan uang tunai secara digital; dan penggunaan internet dan layanan online.
Ada dua fenomena yang melandasi bisnis elektronik : digitalisasi dan konektivitas.
Digitalisasi terdiri dari mengubah teks, data, suara, dan gambar ke dalam arus ”bits” yang dapat dikirim dengan kecepatan yang luar biasa dari satu lokasi ke lokasi lain.
Konektivitas mencakup membangun jaringan dan mengekspresikan fakta bahwa banyak bisnis dunia dilakukan melalui jaringan yang menghubungkan orang dan perusahaan. Jaringan disebut :
  • Intranet ketika menghubungakn orang-orang di dalam suatu perusahaan
  • Ekstranet ketika menghubungkan perusahaan dengan pemasok dan pelanggannya
  • Internet ketika menghubungkan pemakai dengan jalur informasi bebas hambatan” yang sangat besar.
Saluran e-commerce memiliki dua tipe :
1.       Saluran komersial : banyak perusahaan yang mendirikan layanan informasi dan pelayanan online yang dapat diakses oleh mereka yang telah mendaftar untuk mendapatkan layanan tersebut dengan membayar iuran bulanan.
2.       Internet : adalah jaringan computer Web global yang memungkinkan komunikasi global yang cepat dan terdesentralisasi.
Tiga manfaat utama layanan on-line bagi pembeli potensial :
  1. Kemudahan
  2. Informasi 
  3. Rongrongan yang lebih sedikit.
Manfaat layanan on-line bagi pemasar :
  • Penyesuaian yang cepat terhadap kondisi pasar
  • Biaya yang lebih rendah
  • Pemupukan hubungan
  • Pengukuran besar pemirsa
Pemasaran on-line memiliki sekurang-kurangnya empat manfaat besar :
  1. Baik perusahaan besar maupun kecil dapat membiayainya
  2. Tidak ada keterbatasan riil untuk tempat iklan, berbeda dengan media cetak dan siaran
  3. Akses dan pengambilan informasi yang cepat, dibandingkan dengan surat satu malam dan bahkan faks
  4. Situs itu dapat dikunjungi oleh siapa saja di dunia dan kapan saja
  5. Belanja dapat dilakukan secara pribadi dan cepat
Akan tetapi, pemasaran on-line tidak selalu cocok untuk setiap perusahaan, juga tidak selalu cocok untuk setiap produk. Internet kurang bermanfaat untuk produk-produk yang harus disentuh atau diperiksa sebelumnya. Tetapi itu ada kekecualian.
Pemasar dapat menjalankan pemasaran on-line dengan menciptakan :
  • Kehadiran secara elektronis pada internet ;
Ribuan bisnis telah menciptakan kehadirannya pad internet. Banyak dari situs Web itu menawarkan beragam jasa kepada para pengguna. Situs-situs itu terdiri dari dua bentuk dasar :
    1. Situs Web perusahaan : sebuah perusahaan menawarkan informasi dasar tentang riwayat perusahaan, misi dan filosofi, produk dan jasa, serta lokasinya. Ia mungkin juga menawarkan peristiwa-peristiwa terkini, data kinerja keuangan, dan peluang kerja
    2. Situs Web pemasaran : dirancang untuk membawa calon pelanggan dan pelanggan lebih dekat kepada suatu pembelian atau hasil pemasaran lain
  • Berpartisipasi dalam forum, newgroup, dan buletin boards; memasang iklan online; komunitas Web
-          Forum adalah kelompok diskusi yang berada dalam layanan on-line komersial
-          Newsgroup adalah forum versi internet, namun newsgroup terbatas pada orang yang memasang dan membaca pesan tentang topik tertentu
-          Buletin board system (BBS) adalah layanan on-line khusus yang berpusat pada topik atau kelompok tertentu
-          Komunitas Web adalah situs Web yang disponsori secara komersial di mana para anggota berkumpul secara on-line dan bertukar pendapat tentang isu-isu yang menarik minat bersama.
  • Menggunakan email dan Webcasting.

Pemasaran on-line akan membawa perubahan mendalam terhadap berbagai sektor perekonomian. Keunggulan yang disebabkan oleh skala ekonomi akan merosot, biaya iklan global akan berkurang, dan perusahaan-perusahaan kecil yang menawarkan produk-produk khusus akan mampu mencapai pasar dunia yang jauh lebih besar.
Sejumlah tantangan yang dihadapi oleh pemasar on-line :
  1. Paparan dan pembelain konsumen yang terbatas
  2. Psikografik dan demografik yang tidak simetris
  3. Semrawut dan kacau
  4. Keamanan
  5. Masalah-masalah etika
  6. Serangan balasan konsumen
Para pemasar langsung dan pelanggan mereka biasanya menikmati hubungan yang saling menguntungkan. Namun kadang-kadang sisi gelap muncul : gangguan, ketidakadilan, penipuan dan kecurangan, danpelanggaran privasi.


sumber; Endang Ruhiyat SE, M.M

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls